Tahap Perkembangan Bayi Dari 0-11 Bulan Yang Wajib Moms Ketahui

Melihat tahap perkembangan bayi dari bulan ke bulan tentunya menjadi salah satu hal yang sangat membahagiakan dan membanggakan bagi Moms. Namun tidak sedikit juga Moms merasa cemas karena takut perkembangan yang terjadi pada bayi tidak sesuai dengan usianya, apalagi jika bayi lahir prematur atau memiliki masalah kesehatan sebelum lahir.

Mengikuti setiap tahap perkembangan bayi sejak dalam kandungan, awal lahir dan seterusnya tentu saja menjadi momen penting bagi para orangtua. Momen berharga ini sebaiknya jangan sampai terlewatkan karena tak akan bisa terulang lagi. Berikan yang terbaik untuk setiap periode tumbuh kembang di kecil sehingga akan tumbuh dan berkembang menjadi seorang anak yang diharapkan pada orangtua.

Pada awal kelahirannya tentu saja bayi belum bergerak aktif dan dalam hal ini membutuhkan perawatan khusus guna mengoptimalkan tumbuh kembangnya dengan baik. Dalam hal ini dukungan asupan nutrisi dan juga stimulasi menjadi salah satu hal yang sangat penting sekali dilakukan para orangtua agar bayi tumbuh dan berkembang dengan baik sesuai dengan tahapan usianya.

Tahapan-Tahapan Perkembangan Bayi Sebelum 1 Tahun

Dalam setiap periode tumbuh kembangnya tentu saja bayi memiliki banyak tingkatan perkembangan. Perkembangan bayi dari bulan ke bulan menunjukan perubahan yang sangat hebat baik itu secara fisik, motorik maupun sensorik. Berikut ini adalah beberapa tahap perkembangan bayi sebelum 1 tahun yang penting untuk Moms ketahui sebagai pertimbangan dalam menilai tumbuh kembangnya.

  • Usia 0 bulan

Saat lahir, bayi akan menangis sebagai respon alami untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru bayi. Di bagian wajah dan mata bayi kemungkinan terlihat bengkak. Namun jangan terlalu khawatir karena hal tersebut hanya berlangsung saat jam-jam pertama. Si kecil sudah memiliki refleks tertentu seperti mengisap, mencari putting, dan menggenggam.

  • Usia 1 bulan

Di usia 1 bulan, bayi sangat suka tidur. Untuk bisa membedakan pagi dan malam hari bayi membutuhkan beberapa waktu. Hal ini terjadi karena pigmen mata bayi belum berkembang sepenuhnya dan warnanya juga akan berubah dari minggu ke minggu. Jika merasa lapar, bayi akan menangis dan menggenggam jemari ibunya secara naluri. Berat badannya akan bertambah secara rutin dan berubah dengan cepat.

  • Usia 2 bulan

Pada usia ini, bayi sudah bisa melihat lebih jauh dan akan mencoba meraih benda-benda yang ada di dekatnya. Ketika melihat ibunya, ia akan merasa senang. Selain itu, si kecil sudah bisa mengenal tangannya jadi tidaklah heran jika ia sering memasukkan tangannya ke dalam mulut.

  • Usia 3 bulan

Melalui ikatan batin, di usia 3 bulan bayi sudah bisa mendengar suara ibunya. Si kecil sudah mampu menggenggam mainannya walaupun sebentar. Dalam tahapan ini, gerakan bayi sudah mulai aktif dimana ia akan berguling dari punggung ke sisinya. Si kecil sudah bisa mengendalikan kepalanya seiring dengan menguatnya otot di bagian leher.

  • Usia 4 bulan

Pada usia 4 bulan, si kecil sudah mulai ‘mengobrol’ dengan orangtuanya. Jika ia sudah mengenal kakinya bayi akan memegang dan menghisap kedua kakinya sendiri. Si kecil mulai menyenangi belajar soal tekstur, sehingga tidaklah heran pada masa ini ia akan mengeksplorasi barang menggunakan mulutnya. Setelah usia 3 bulan, bayi akan tidur lebih lama pada malam hari dan tidur siangnya mulai berkurang.

  • Usia 5 bulan

Di bulan kelima, si kecil sudah mulai peduli dengan lingkungannya dan bisa berinteraksi langsung dengan cara mengeluarkan suara khasnya serta tawanya. Si kecil akan mencoba meraih benda-benda kecil yang ia lihat.

Selain itu, responnya terhadap permainan yang sering Moms lakukan seperti ‘ciluk ba’ sudah baik dimana ia akan kegirangan. Untuk perkembangan fisiknya, bayi sudah bisa mengangkat kepala sejajar dengan badannya ketika memegang tangannya dan menariknya ke posisi semula.

  • Usia 6 bulan

Pada bulan keenam, si kecil sudah bisa menginisiasi interaksi sosial. Ia akan tersenyum ketika melihat ibunya dan mulai melambaikan tangan tanda ia minta digendong. Di usia 6 bulan, masa ini merupakan masa pertama bagi si kecil dimana ia sudah mulai merangkak, duduk tanpa harus dibantu, bahkan mulai berdiri dengan berpegangan.

  • Usia 7 bulan

Saat usia 7 bulan, si kecil sudah memperlihatkan gigi pertamanya dan dapat merasakan enaknya makanan padat yang diberikan Moms. Secara keseluruhan emosinya akan muncul, ia akan lebih manja selalu ingin dekat dengan ibunya dan menangis ketika tidak menemukan Moms di sampingnya. Di usia ini si kecil juga mulai mengulang suku kata konsonan seperti ‘bababa’.

  • Usia 8 bulan

Di usia ke 8 bulan, si mungil sudah pintar meniru suara Moms dan bisa mengerti nada bicara ibunya. Perkembangan motoriknya ditandai dengan sengaja melepaskan barang yang digenggamnnya dan memungut barang yang lebih kecil.

  • Usia 9 bulan

Bayi seusia ini sudah mulai mengeksporasi mainan dan tidak jarang mulai mengacak-ngacak mainannya. Karena giginya sudah mulai tumbuh, ia akan senang menggigit mainan yang teksturnya keras. Di usia ke 9 bulan ini bayi dapat menikmati berbagai jenis musik yang dinyanyikan sang Moms.

  • Usia 10 bulan

Beberapa bayi di usia ini sudah bisa melangkah untuk pertama kalinya. Berbagai permainan fisik yang dilakukan Moms seperti menggelitiknya akan membuat si kecil ketagihan dan tertawa kegirangan. Untuk mengembangkan kemampuannya dalam menggenggam, mainan sangat penting dalam mendukung stimulasi otak bagi si kecil.

  • Usia 11 bulan

Di usia 11 bulan tahap perkembangan bayi mulai memperhalus gerakan menggunakan tangannya. Ia sudah bisa menunjuk menggunakan telunjuknya dan tidak lagi meraup dengan seluruh tangannya. Ketika ibunya memanggil, si kecil sudah mulai berputar dan menoleh orang yang memanggilnya.

Dalam periode tahap perkembangan bayi di setiap bulannya tentu saja berbeda. Banyak momen yang sangat menggemaskan sekali yang tentun saja akan membuat Anda merasa greget dengan tingkah polos dan lucu dari bayi yang masih mungil tersebut.

Di setiap bulannya bayi menunjukan perubahan yang sangat signifikan dan dalam hal ini tingkahnya akan semakin aktif sesuai usianya. Respon bayi semakin bagus dan lebih mengerti dengan isyarat yang Anda tunjukan. Semakin usianya bertambah maka bayi akan memiliki naluri eksplorasi untuk kesana kemari dan menggapai benda benda yang ada di sekitarnya. Terlebih lagi jika usianya sudah masuk 7 bulan keatas maka gerakannya akan semakin aktif.

Gerakan gerakan bayi yang semakin aktif ini menunjukan bahwa dalam kondisi sehat dan baik baik saja. Dalam setiap periode tumbuh kembang bayi berikan asupan nutrisi yang lebih banyak karena gerak bayi semakin aktif dan pertumbuhannya semakin cepat. Dukungan nutrisi memang penting agar semua tahap tumbuh kembangnya tak terganggu dan lancar tanpa adanya masalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *