Perkembangan Janin Hamil 5 Bulan dan Keluhan yang Dirasakan

Pada tahap hamil 5 bulan, perkembangan janin dalam kandungan akan berlangsung dengan cepat dan kini kehamilan nampak semakin besar. Beban ibu hamil juga semakin berat karena janin dalam kandungan terus berkembang dengan cepat. Pada momen usia kehamilan tahap ini tentu saja membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil guna mencukupi kebutuhan janin dan ibu hamil sendiri.

Dalam mengoptimalkan tumbuh kembang janin secara maksimal tentu saja membutuhkan perhatian khusus. Ibu hamil harus memperhatikan asupan nutrisi, kondisi kesehatan dan aktivitas sehari-hari. Jangan sampai mempengaruhi kondisi kesehatan janin sebab akan berdampak sangat buruk sekali terhdap tumbuh kembangnya.

Pantau terus perkembangan dan kesehatan janin dalam kandungan dengan cara rutin memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan ataupun memperhatikan kondisi kesehatan tubuh. Dengan begitu maka segala keluhan dan masalah yang mungkin membahayakan kehamilan Anda bisa segera di cegah atau diwaspadai dengan baik.

Mengenal Perkembangan Janin Hamil 5 Bulan dan Keluhannya

Berbicara mengenai perkembangan janin hamil 5 bulan sudah pasti dalam hal ini sangat signifikan sekali. hal ini mengingat bahwa janin di usia kehamilan ini sudah memiliki tingkat perkembangan yang menuju ke sempurna. Berbagai keluhan juga yang dirasakan ibu hamil secara perlahan memang sudah berkurang. Dengan begitu maka ibu hamil bisa menjalani kehamilan dengan sangat menyenangkan sekali. Sekilas perkembangan janin 5 bulan berikut!

  • Berat janin di usia kehamilan 5 bulan sudah bertambah hingga 2x lipat dari usia kehamilan sebelumnya
  • Ukuran janin sudah mencapai panjang 13 cm dari mulai kaki hingga kepala. Meskipun dalam hal ini ukuran kaki janin belum sepenuhany sempurna karena masih dalam tahap perkembangan
  • pembuluh darah bayi masih terlihat tampak karena kulit yang membungkus masih sangat transparan sekali
  • Proses pengerasan tulang berlangsung sehingga membutuhkan asupan kalsium cukup
  • Jenis kelamin pada bayi mulai terbentuk pada usia kehamilan ini
  • Tumbuh puting bayi di bagian dada
  • Mulai terbentuk gigi utama dan gigi pengganti pada gusi bayi
  • Gerakan bayi atau janin dalam kandungan sudah mulai aktif dan ekspresif
  • Janin di usia kehamilan 5 bulan secara perlahan sudah memiliki sidik jari
  • Kulit bayi dilapisi dengan Vernix Caseosa yang serupa zat kimi dengan warna keputih-putihan

perkembangan janin di usia hamil 5 bulan ini memang sangat luar biasa sekali. Proses pembentukan organ dalam dan luar kini terjadi menuju ke tahapan yang hampir sempurna. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan maka kini janin akan terus berkembang menjadi bayi dengan organ tubuh yang akan semakin lengkap.

Keluhan Hamil 5 Bulan Yang Sering Dirasakan

Dibalik perkembangan tersebut tentu saja ada keluhan yang dirasakan ibu hamil di usia kehamilan 5 bulan. Beberapa keluhan diantaranya yaitu:

  • Salah satu keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil usia 5 bulan yaitu kaki bengkak. Hal ini terjadi karena pertumbuhan janin semakin besar sehingga memberikan beban semakin berat sehingga hal ini mengakibatkan kaki membengkak dan sering kesemutan.
  • Selanjutnya adalah risiko anemia bisa saja terjadi pada ibu hamil 5 bulan. Oleh karena itu asupan makanan yang kaya akan kandungan zat besi sangat diperlukan.
  • Kemudian yang paling umum adalah sakit punggung karena kondisi janin sudah membesar. Hal ini menjadi sebuah beban yang tentu saja mengakibatkan sakit punggung.
  • Sering buang air kecil juga merupakan keluhan di usia kehamilan semakin tua karena kandung kemih tertekan oleh janin yang terus berkembang

Guna menjaga kehamilan di usia hamil 5 bulan maka upayakan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi melalui asupan makanan bergizi dan menjaga kesehatan dengan rutin cek kesehatan ke dokter. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *