Seputar Hamil 6 Bulan yang Harus Anda Ketahui

Ketika usia hamil 6 bulan tentunya hal ini menjadi sebuah momen yang sangat membahagiakan bagi ibu hamil.  Pasalnya waktu untuk segera bertemu dengan buah hati semakin dekat sehingga dalam hal ini ibu hamil sudah bisa mempersiapkan segalanya. Perkembangan janin di usia kehamilan 6 bulan juga sudah sangat baik sekali. Bahkan jika melalui pemeriksaan USG mungkin jenis kelamin janin sudah bisa diketahui.

Memasuki usia kehamilan yang sudah semakin tua seperti ini tentu saja akan ada banyak keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil. Penting sekiranya mempersiapkan segala kondisi tubuh untuk menghadapinya. Jangan sampai mengakibatkan gangguan kesehatan yang bisa berakibat fatal terhadap tumbuh kembang janin dan juga kesehatan ibu hamil sendiri.

Rutin periksakan diri ke dokter dan berkonsultasilah mengenai kehamilan Anda. Selain itu, perhatikan asupan nutrisi untuk janin dan jangan sampai terjadi kekurangan asupan nutrisi sebab hal ini akan sangat berdampak sekali terhadap kelangsungdan janin dan kesehatan ibu hamil untuk kedepannya.

Beberapa Hal Seputar Hamil 6 Bulan Yang Harus Anda Ketahui

Dengan perkembangan janin yang sudah menuju ke tahap sempurna menjadi seorang bayi seutuhnya maka jangan sampai ada banyak gangguan dalam kehamilan. Nikmati semua proses kehamilan dan hindari hal-hal yang bisa memicu stres. Berikut ini seputar hamil 6 bulan yang penting untuk diketahui oleh semua ibu hamil!

  1. Bayi Sudah Bisa Merespon Suara

Di usia hamil 6 bulan buah hati dalam kandungan secara perlahan sudah bisa merespon suara suara dari luar kandungan. Bayi sudah aktif terhadap sentuhan dan suara yang ada. Dalam hal ini ibu hamil sebaiknya lebih sering mengajak bayi untuk ngobrol dan berinteraksi. Hal ini bermanfaat guna perkembangan janin. Bisa juga dengan memperdengarkan suara musik dengan alunan nada lembut.

  1. Bayi Sudah Merespon Cahaya

Selain suara, bayi di usia kehamilan 6 bulan ini sudah bisa merespon cahaya. Perkembangan janin sangat cepat dan kini memiliki berat sekitar 760 gr dengan panjang 36 cm. Kini syaraf mata bayi secara perlahan berkembang dan sudah bisa merespon cahaya dari luar.

  1. Hindari Kelahiran Prematur

Selain perkembangan yang sangat pesat, di usia kehamilan ini juga bayi rentan mengalami prematur atau lahir sebelum waktunya. Penyebabnya tentu saja beragam mulai dari stres, asupan nutrisi kurang atau ibu hamil terjatuh. Hal-hal seperti ini sebaiknya dihindari dan jangan sampai terjadi karena rentan sekali mengakibatkan bayi lahir sebelum waktunya.

  1. Berenang Baik Untuk Ibu Hamil

Seiring dengan munculnya banyak keluhan di usia kehamilan ini maka lakukan kegiatan kegiatan yang bermanfaat. salah satunya adalah berenang yang bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah pada ibu hamil. Dengan begitu keluhan seperti kaki kram, bengkak, dan lainnya bisa teratasi secara alami. Lakukan kegiatan ini di kolam renang pribadi agar lebih bersih.

  1. Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat

Makanan berserat harus diperhatikan dalam menu makanan sehari-hari. Hal ini karena di usia kehamilan 6 bulan rentan terjadi konstipasi dan sembelit. Dengan konsumsi serat maka tentu saja bisa mencegah kondisi tersebut.

  1. Periksa Ke Dokter

Jadwalkan pemeriksaan secara rutin ke dokter kandungan. Kegiatan ini untuk mencegah segala keluhan dalam kehamilan dan hal buruk yang bisa terjadi pada kehamilan Anda. Konsultasikan juga seputar perawatan kehamilan di usia tersebut.

Demikian beberapa hal penting yang sekiranya penting sekali untuk diperhatikan oleh ibu hamil 6 bulan agar senantiasa kehamilan dalam kondisi sehat dan tidak ada gangguan apapun!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *