Waspadai Beberapa Hal Berikut Saat Hamil 7 Bulan!

Usia hamil 7 bulan tentu saja sudah semakin dekat dengan persalinan. Momen kehamilan di tahap akhir trimester ini tentu saja menjadi saat yang sangat mendebarkan dan penasaran. Pasalnya kini untuk menuju ke proses kelahiran bayi tinggal menunggu 2 bulan lagi dan seringkali membuat ibu hamil sudah tidak sabar.

Banyak hal yang harus diperhatikan, dilakukan dan bahkan diwaspadai di usia kehamilan ini. Ibu hamil harus benar benar memperhatikan kesehatan tubuh, kesehatan janin dalam kandungan dan banyak lainnya. Jangan sampai ada hal-hal yang mengganggu kehamilan yang bisa merugikan atau membahayakan tumbuh kembang janin.

Waspada terhadap hal-hal yang tidak diinginkan memang penting sekali untuk dilakukan. Memasuki usia kehamilan tahap akhir ini memang rentan terhadap bahaya-bahaya yang mengancam kesehatan janin maupun ibu hamil. Oleh karenanya, diperlukan pengetahuan seputar cara menjaga kehamilan di usia 7 bulan ini.

Inilah Beberapa Hal Yang Harus Diwaspadai Saat Hamil 7 Bulan

Penjagaan terhadap kehamilan usia 7 bulan memang harus ekstra. Hal ini karena di usia kehamilan ini juga perkembangan janin atau bayi sudah begitu sempurna dan membutuhkan perhatian khusus untuk menyempurnakannya. ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan supaya tumbuh kembang janin bisa berlangsung dengan baik, simak berikut ini!

  1. Hati-hati Saat Berjalan

Sebaiknya ibu hamil berhati-hati saat berjalan. Hal ini karena usia kehamilan semakin besar akan memberikan beban yang semakin berat dan rentan terjatuh atau terpeleset. Gunakan sendal atau sepatu flat tanpa hak supaya lebih aman.

  1. Risiko Preeklampsia

Pre-eklampsia adalah salah satu kondisi tekanan darah tinggi yang terjadi pada ibu hamil. Kondisi ini bisa mengakibatkan banyak dampak negatif untuk kehamilan usia 7 bulan. Dalam hal ini ibu hamil harus memperhatikan asupan makanan dan hindari kandungan lemak dan garam tinggi pada makanan. Perbanyak juga istirahat.

  1. Risiko Kenaikan Gula Darah

Peningkatan dan kenaikan gula darah juga bisa terjadi pada ibu hamil. hal ini juga perlu untuk diwaspadai dengan baik dan mencegahnya dengan asupan makanan makanan yang bergizi dan berserat tinggi. Selain itu, ikuti kelas olahraga ibu hamil untuk kebugaran tubuh dan mencegah penumpukan gula darah.

  1. Bayi Prematur

Banyak pemicu kelahiran di usia 7 bulan atau prematur. Kondisi fisik dan psikis ibu hamil banyak memberikan pengaruh yang tentu saja dalam hal ini harus diwaspadai dengan baik. Lakukan pemeriksaan kehamilan 7 bulan secara rutin.

  1. Peningkatan Berat Badan

Peningkatan berat badan secara drastis harus diwaspadai dan jangan sampai membahayakan kehamilan ataupun persiapan persalinan. Perhatikan asupan makanan, gaya hidup selama hamil 7 bulan dan periksa kehamilan secara rutin.

Berbagai risiko yang mengancam kesehatan di hamil 7 bulan memang sebaiknya janganm disepelekan. Hal ini karena akan memberikan dampak yang sangat tidak nyaman sekali untuk kehamilan dan bahkan membahayakan kehamilan Anda. Alangkah lebih baiknya periksakan diri ke dokter secara rutin dan banyaklah berkonsultasi dengan dokter.

Menjaga kehamilan di usia tahap akhir kehamilan ini begitu sangat penting untuk menujang penyempurnaan dan persiapan bayi menuju ke tahap persalinan. Jika tidak banyak gangguan maka bayi akan lahir normal, lancar dan tidak ada masalah apapun. Jaga dengan baik hamil 7 bulan hingga tiba waktunya persalinan Anda. Semoga bermnfaat untuk para ibu hamil!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *