Tahapan Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi 2 Bulan

Saat memasuki tahapan pertumbuhan dan perkembangan bayi 2 bulan, pada umumnya bayi laki-laki memiliki berat badan 3,8 sampai 5 kg dengan panjang 52-56 cm. Sementara untuk bayi perempuan beratnya 3,6 sampai 4,8 kg dengan panjang 52-55 cm. Bayi 2 bulan sudah bisa merespon dengan senyuman ketika diajak bicara oleh orang-orang disekitarnya. Di minggu ke 6, bayi mampu merespon musik yang didengarnya dengan gerakan kaki menendang atau mengeluarkan suara tertentu.

Di usia 2 bulan tentu saja bayi sudah mulai terlihat aktif dan mulai menunjukan tanda perkembangan yang sangat cepat dan pesat sekali. Kini Anda sudah bisa mulai melihat si kecil menunjukan gerakan gerakan halus yang mulai menggemaskan. Meskipun masih belum aktif bergerak namun gerakan gerakan lembut yang dilakukan bayi tentunya akan membuat Anda gemas saat menyaksikannya.

Buatlah suasana kondisi tempat tidur yang nyaman untuk bayi agar bisa terus beraktivitas dengan nyaman dalam masa tumbuh kembangnya dari periode ke periode. Ajak terus berkomunikasi agar perkembangan sensorik dan motoriknya terus berkembang dengan baik.

Kemampuan Motorik Perkembangan Bayi 2 Bulan

Memasuki perkembangan bayi 2 bulan, di usia minggu kelima bayi sudah bisa melakukan gerakan yang semakin teratur. Dan berikut ini beberapa perkembangan kemampuan motorik bayi di usianya yang ke 2 bulan.

  • Mampu menghisap jari tangannya sendiri untuk menenangkan diri.
  • Sudah bisa bermain dengan jarinya.
  • Genggaman tangannya sudah bisa melakukan gerakan membuka dan menutup.
  • Bayi mulai tertarik dengan benda-benda berwarna cerah dan mainan yang bisa menghasilkan bunyi.
  • Mata si kecil sudah bisa mengikuti pergerakan obyek kesana kemari.
  • Lehernya semakin kuat dan bayi sudah bisa menegakkan kepalanya sampai 45 derajat dengan posisi seperti push-up.
  • Bayi mulai belajar meraih Bunda ketika ingin diperhatikan.

Perkembangan Bayi 2 Bulan Dalam Kemampuan Komunikasi

Di usianya yang kurang lebih menginjak minggu kelima, bayi sudah bisa mengenali suara dan mendengar bunyi-bunyi di sekelilingnya. Si kecil juga sudah bisa membuat suara-suara tertentu dengan ekspresi wajahnya yang mulai berubah-ubah sesuai yang dirasakannya. Perubahan-perubahan ekspresi ini pada umumnya dilakukan bayi untuk menunjukkan ketidaknyamanan atas dirinya seperti popok basah, merasa lapar, haus, lelah, dan kepanasan.

Kemampuan Sosial Perkembangan Bayi 2 Bulan

Pada masa awal perkembangannya, otot bayi Bunda sudah mulai bertumbuh sekitar 5 cm. Meskipun bayi belum memiliki kemampuan untuk merespon Bunda saat bernyanyi, berbicara, atau membacakan cerita, si kecil sebenarnya tengah berusaha untuk mempelajari hal tersebut. Di usia ini, kebutuhan tidur bayi semakin meningkat dan pada malam hari tidurnya akan lebih lama dibandingkan ketika ia baru lahir.

Dari segi perkembangan di usia 2 bulan memang sudah mulai menunjukan hal yang lebih aktif dari segi perkembangan motorik, sensorik dan peningkatan dari segi perkembangan secara fisik. Dukungan berupa asupan nutrisi, komunikasi, interaksi dan stimulasi sangat diperlukan agar hal ini menjadi salah satu faktor dukungan perkembangan lebih baik.

Seiring terus bertambahnya usia bayi maka tingkah lucu dan menggemaskannya akan terus Anda saksikan. Di akhir 2 bulan memasuki 3 bulan maka secara perlahan gerakan si kecil akan terlihat lebih aktif meskipun masih seputar diam di tempat tidur. Perkembangan bayi 2 bulan menunjukan perkembangan yang masih halus dan proses ini akan terus berkembang menjadi lebih baik menuju bulan berikutnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *