Tahapan Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi 6 Bulan

Dalam perkembangan bayi 6 bulan, berat badannya sudah mulai meningkat dibandingkan dengan bayi yang masih berusia 5 bulan. Pada umumnya jika bayi tersebut laki-laki berat badannya 6,4 sampai 9,7 kg dengan panjang sekitar 63 sampai 71 cm. Sementara jika bayinya perempuan, berat badannya 5,8 sampai 9 kg dengan panjang 61,5 sampai 70 cm.

Perkembangan dari segi fisik bayi memang mengalami peningkatan di usia 6 bulan. Terlebih lagi di usia ini bayi sudah mendapatkan asupan makanan padat atau pandamping ASI yang memungkinkan bayi akan lebih cepat untuk berkembang. Berikan asupan nutrisi terbaik dalam hal mengoptimalkan tumbuh kembangnya yang lebih baik dan hal ini harus menjadi perhatian khusus bagi para orangtua dalam memberikan dukungan asupan nutrisi guna perkembangan bayi.

Selain itu, di masa 6 bulan ini bayi juga membutuhkan banyak stimulasi positif terkait interaksi dan komunikasi sehingga membantu mengembangkan kemampuan sensorik dan motoriknya menuju ke tingkat yang lebih baik lagi sesuai dengan perkembangan usianya.

Kemampuan Motorik Dan Perkembangan Bayi 6 Bulan

Pada tahap perkembangan bayi 6 bulan, bayi sudah bisa menopang sebagian berat tubuhnya. Selain itu di usia ini si kecil sudah bisa melakukan hal-hal yang membuat Bunda merasa bangga akan pertumbuhan yang terjadi seperti:

  • Senang menjatuhkan benda-benda ke lantai untuk mendengarkan bunyi yang ditimbulkan.
  • Sudah mulai belajar merangkak ke belakang kemudian merangkak ke depan.
  • Si kecil sudah bisa mengangkat benda menggunakan satu tangan dengan mudah dan dapat memindahkannya ke tangan yang lain.
  • Mulai tertarik dengan benda-benda kecil yang ingin dimainkannya.
  • Sudah bisa menggulingkan badan ke depan dan ke belakang.

Kemampuan Bicara Dalam Perkembangan Bayi 6 Bulan

Pada usia ini, perkembangan bayi 6 bulan dalam hal kemampuan bicaranya ia sudah bisa berceloteh dengan cara kombinasi kata-kata konsonan dan vokal seperti ‘bababa’, ‘mamama’, dan ‘ah’. Bayi usia 6 bulan mampu memahami bahasa lebih cepat dibandingkan dengan kemampuannya dalam berbicara. Selain itu, bayi sudah bisa menunjuk sesuatu yang diinginkannya, ketika tidak setuju ia akan menggeleng dan dapat melakukan gerakan melambai pada orang lain.

Perkembangan Bayi 6 Bulan Dari Segi Kemampuan Sosial

Pada usia keenam bulan, kemampuan bayi dalam berinteraksi mengalami perkembangan seperti:

  • Ketakutan terhadap orang asing sudah berkurang dimana ia akan lebih merespon senyuman orang lain. Selain itu, bayi akan lebih akrab dengan orang yang menurutnya menarik.
  • Bayi akan berusaha menarik perhatian orang-orang di sekelilingnya dengan tindakan yang menyenangkan atau tidak.
  • Si kecil sudah bisa bertertiak, memukul mukul, menjatuhkan benda untuk menarik perhatian tanpa harus dengan cara menangis.
  • Bisa mengenali wajah orang tuanya dan wajah orang-orang yang sering ditemuinya.

Gerakan dan kemampuan bayi pada masa perkembangan usia 6 bulan memang terbilang sangat luar biasa sekali. Menggemaskan dan terlihat sangat lucu tentu saja membuat Anda lebih greget melihat tingkahnya tersebut. Dalam hal ini peran penting orangtua untuk memberikan dukungan bagi tumbuh kembang bayi sangat diperlukan sekali.

Dengan segala dukungan maka tentu saja di kecil akan tumbuh dan berkembang dengan sangat cepat sekali. Bahkan dalam hal ini segala kemampuan dari segi sensorik dan motorik akan terus berkembang menjadi lebih baik lagi sesuai dengan bertambahnya usia bayi dari tahap ke tahap setelah perkembangan bayi 6 bulan ke selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *