Tahapan Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi 7 Bulan

Pada umumnya di usia perkembangan bayi 7 bulan si kecil sudah mulai belajar merangkak dan sering memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya. Tanpa ditopang, dia sudah bisa duduk dengan baik. Untuk berat badan yang normal, di usia 7 bulan bayi laki-laki pada umumnya berbobot 6,7 sampai 10 kg dengan panjang 65-73 cm. Sementara bayi perempuan berat badannya 6 sampai 9,5 kg dengan panjang 63-71 cm.

Berbagai perubahan pada bayi usia 7 bulan memang sangat signifikan sekali. Terlebih lagi di usia ini si kecil sudah boleh mendapatkan asupan makanan pendamping ASI dengan aneka jenis makana. Hal ini memberikan asupan nutrisi yang menunjang tumbuh kembangnya menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.

Tingkah lucu, menggemaskan dan semakin aktif bergerak adalah khas bayi 7 bulan karena dalam hal ini perkembangan secara fisik, motorik, sensorik dan sosial bayi sudah mengalami peningkatan secara signifikan sekali. Kini bayi akan memiliki rasa penasaran terhadap hal-hal yang ada di sekitarnya. Tingkat kemampuan respon bayi juga sudah berkembang dengan baik.

Perkembangan Bayi 7 Bulan Dari Segi Kemampuan Motorik

Di usia ini sebagian besar bayi sudah mulai merangkak, namun tidak sedikit juga bayi yang mampu berjalan langsung tanpa harus melewati fase merangkak. Dalam perkembangannya selama merangkak terkadang bayi merangkak mundur. Namun kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan karena masih terbilang normal. Si kecil sudah bisa memutar badan dan menegakkan punggungnya untuk membantunya lebih lama saat duduk. Selain itu, ia mulai mampu menyusun mainan dan mengelompokkan sesuai ukurannya.

Pada usia bulan ketujuh ini, Bunda bisa mengajaknya bermain untuk membuat si kecil senang. Jika Bunda menggunakan botol bayi sebaiknya di usia ini sudah mulai dikurangi dan menggantikannya dengan cangkir. Tujuannya untuk membuat si kecil lebih mudah berhenti menggunakan botol.

Kemampuan Berkomunikasi Perkembangan Bayi 7 Bulan

Pada usianya ini, si kecil sudah memperlihatkan perkembangan kemampuannya dalam hal berkomunikasi seperti :

  • Memori ingatannya sudah mulai berfungsi dengan baik sehingga ia bisa mengingat suara-suara yang familiar.
  • Mampu mengucapkan kosa kata yang sederhana seperti ‘papa’ atau ‘mama’.
  • Mulai berkomunikasi melalui bergabai ekspresi wajah dan gerakan tubuhnya.
  • Sudah memperlihatkan kemampuannya dalam berceloteh dengan kosa kata yang lebih kompleks.
  • Bayi sudah memahami dengan baik larangan Bunda ketika berkata ‘jangan’ atau ‘tidak boleh’.

Perkembangan Bayi 7 Bulan Dalam Kemampuan Sosial

Perkembangan bayi 7 bulan mulai memperlihatkan kemampuannya dalam mengetes otoritas Bunda, hal ini ditandai dengan menolak untuk mengikuti arahan yang Bunda katakan. Kondisi ini sebenarnya wajar, dan tugas Bunda adalah memberitahu si kecil mana yang baik dan tidak untuk dilakukan.

Perkembangan bayi 7 bulan memang sangat menakjubkan sekali. Hal ini memberikan banyak sekali perubahan yang sangat signifikan. Kini bayi belajar duduk, merangkak dan sesekali berusaha untuk bangkit meskipun hal itu jarang dilakukan. Menuju ke tahap akhir 7 bulan masuk ke usia 8 bulan perkembangan geraknya akan semakin aktif.

Setiap tahap dan periode tumbuh kembang bayi dan proses transisinya tentu saja sangat luar biasa. Tingkah tingkah menggemaskan dan perkembangan secara fisik yang berlangsung dengan sangat signifikan tentu saja menunjukan sebuah hal yang sangat menakjubkan sekali. Proses tumbuh kembang ini menjadi masa masa yang sangat membahagiakan sekali bagi para orang tua saat perkembangan bayi 7 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *