Mengenal Perkembangan Hamil 1 Bulan dan Cara Menjaganya

Tahap awal kehamilan adalah masa masa yang sangat rentan sekali. Hal ini karena kondisi janin atau embrio dalam rahim masih sangat lemah dan rentan terjadi keguguran apabila terjadi benturan. Dalam hal ini janin dalam kandungan belum terlalu kuat menempel pada rahim sehingga ibu hamil 1 bulan harus benar benar memperhatikan kondisi kehamilan dan menjaga kesehatan dengan baik.

Jika terjadi gangguan pada kehamilan usia 1 bulan maka tentu saja hal ini akan sangat berisiko sekali terhadap tumbuh kembang janin yang kemungkinan akan mengalami banyak hambatan pertumbuhan. Langkah awal yang harus diperhatikan saat Anda mendapati kehamilan maka perhatikan kondisi kesehatan dan jangan melakukan banyak aktivitas yang membahayakan.

Masa awal kehamilan mungkin masa penyesuaian perubahan fisik dan mental sehingga dalam hal ini ibu hamil muda juga harus bisa mengelola stres dengan baik agar kehamilan berjalan normal dari periode ke periode. Dengan begitu maka janin dalam kandungan akan tumbuh dan berkembang dengan sangat baik dan tidak ada kelainan yang membahayakan.

Sekilas Perkembangan Hamil 1 Bulan

Mengenal tahap awal perkembangan hamil 1 bulan tentu saja sangat menyenangkan, Bagi Anda yang mengikuti setiap tahap tumbuh kembang buah hati dalam kandungan tentu saja akan sangat menyenangkan sekali. Berikut ini tahap perkembangan hamil 1 bulan dari minggu ke minggu!

Minggu 1 – Minggu 2

Pada minggu pertama tentu saja fase atau masa pembuahan sperma dan sel telur sudah berlangsung atau bersatu. Pada fase ini merupakan awal dari pembentukan janin dalam kandungan yang berusia masih 1 minggu dalam kondisi zigot. Selanjutnya zigot akan menuju ke rahim dari bagian tuba falopi. Akan terjadi perkembangan dari mulai zigot hingga menjadi embrio.

Minggu 3

Pada minggu ketiga tentu saja ukuran janin atau embrio masih sebesar biji kacang hijau dan belum berbentu bayi. Hanya berupa embrio dengan 3 lapisan sel yaitu ektoderma atau lapisan luar, mesoderm bagian lapisan tengah dan endoderm adalah lapisan paling dalam yang akan membentuk sistem eprnfasan, pencernaan, paru-paru, lambung dan lainnya.

Minggu 4

Pada minggi 4 tentu saja janin sudah berkembang berukuran hingga 3/4 inchi dan sudah memiliki kantung kuning telur sebagai suplai nutrisi untuk tumbuh kembangnya. Pada usia 1 bulan ini tentu saja janin sudah berkembang dengan sangat baik dan akan mulai terjadi pembentukan organ-organ penting pada janin untuk menunjang kehidupannya.

Tips Menjaga Kesehatan Saat Hamil 1 Bulan

Untuk mengoptimalkan perkembangan janin dan menjaga kesehatan ibu maka tentu saja ada beberapa aktivitas yang sebaiknya diperhatikan atau dilakukan. Dalam hal ini sebaiknya ibu hamil menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Tipsnya berikut ini!

  • Perbanyak konsumsi makanan sehat dan bergizi untuk menyuplai nutrisi pada perkembangan bayi di tahap awal yang membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi agar tumbuh kembangnya bisa berlangsung dengan normal
  • Lakukan olahraga ringan untuk menjaga kebugaran tubuh, misalnya saja dengan jalan santai di pagi hari
  • Perbanyak minum air putih agar tubuh tetap fit dan bebas dari bahaya kesehatan yang mengancam Anda
  • Cukupi waktu istirahat dan hindari hal hal yang bisa memicu stres sebab hal ini akan sangat merugikan kehamilan Anda
  • Perbanyak konsumsi makanan kaya akan kandungan asam folat untuk mendukung tumbuh kembang janin dan cegah kecacatan.

Demikian itulah sekilas mengenai perkembangan hamil 1 bulan dan tips untuk mejaganya. Lakukan aktivitas sehat agar kehamilan Anda bisa berkembang dengan baik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *